Tuesday, January 7, 2020

Sah! Ikan Purba dari China ini Dinyatakan Punah

Tahun 2020 memang baru mulai, tetapi nyatanya sudah banyak peristiwa mengerikan terjadi. Bukan hanya di wilayah kemanusiaan tetapi juga terkait dengan kondisi lingkungan alam. Mulai dari banjir, kebakaran hebat di Australia, hingga yang tak banyak terdengar, kepunahan satu spesies ikan purba yang berasal dari China.


Untuk kesekian kalinya, berita kepunahan suatu spesies kembali terjadi, dan kali ini menimpa salah satu spesies ikan purba dari China, yang hidup di lingkungan air tawar dan bisa hidup mencapai panjang 3 meter lebih. Spesies ikan purba ini bahkan menjadi salah satu spesies ikan air tawar terbesar di dunia.

Para ahli dari China dan IUCN (International Union for Conservation of Nature) telah mengkonfirmasi bahwa ikan paddlefish dari China, yang merupakan ikan purba telah punah. Spesies ikan purba yang memiliki nama latin Psephurus Gladius ini merupakan ikan endemik di Sungai Yangtze. Ikan ini sudah jarang terlihat sejak tahun 2003.

Penelitian terkait dengan ikan todak atau paddlefish ini pada awal 2020 menghasilkan kesimpulan bahwa ikan purba ini sudah punah antara tahun 2005 - 2010. Selama beberapa tahun terakhir berbagai usaha untuk menemukan ikan ini tak menemukan hasil yang memuaskan sehingga pada awal 2020 ini ikan todak dinyatakan punah.

Ikan todak atau Psephurus Gladius ini merupakan ikan endemik Sungai Yangtze, yang merupakan sungai terpanjang di dunia. Ikan ini termasuk dalam spesies ikan purba, satu dari dua spesies ikan purba, yang membawa DNA murni dari spesies induknya yang telah berumur 75 juta tahun. Ikan ini memiliki beberapa sebutan misalnya Giant Swordfish, hingga Raja Ikan Air Tawar. 

Penangkapan ikan yang masif di sekitar Sungai Yangtze, hingga adanya pencemaran sungai yang parah menjadi beberapa penyebab ikan ini punah. Secara umum, rata-rata ikan todak bisa mencapai ukuran 3,6 meter dengan berat mencapai 250 kg. Sementara itu seorang penduduk lokal mengklaim pernah menangkap ikan todak dengan panjang 7 meter pada tahun 1950an.

Ikan todak menjadi spesies ikan ketiga dari Sungai Yangtze yang punah, setelah sebelumnya ada lumba-lumba Yangtze yang punah pada tahun 2006, dan ikan Shad yang punah pada tahun 2015.

No comments:

Post a Comment