Friday, January 20, 2023

Wah Baru Tahu, Ternyata ini Cara Menyimpan Alpukat Agar Tahan Sampai 2 Bulan

Alpukat merupakan salah satu buah yang banyak digemari karena bisa dijadikan berbagai macam olahan baik makanan ataupun minuman. Terkadang saking sukanya dengan alpukat, banyak yang kemudian membeli banyak sebagai stok di rumah. Hanya saja jika tidak tahu bagaimana cara menyimpan alpukat yang benar, biasanya alpukat akan mudah rusak. 


Dirk Ribbler via Unsplash

Nah, untungnya seorang blogger benama Bethany melalui akun TikTok-nya @lilsipper_official membagikan tips bagaimana cara menyimpan alpukat yang benar. Bahkan cara yang dibagikan Bethany ini bisa membuat alpukat tahan selama 2 bulan. 


Lalu bagaimana caranya agar membuat alpukat tetap awet dan bahkan tahan selama dua bulan?


Rupanya cara yang digunakan Bethany adalah dengan membekukan alpukat agar bisa tahan sampai dua bulan. Lebih lanjut Bethany membagikan caranya sebagai berikut:


"Punya terlalu banyak alpukat matang sekaligus? Bekukan saja, lalu saat Anda ingin memakannya, rendam dulu di air panas, diamkan di atas meja selama 15 menit dan alpukat segar pun siap untuk dinikmati." kata Bethany.


Lalu bagaimana cara untuk membekukan alpukat agar tetap bagus dan awet selama dua bulan? Apakah hanya sekedar dimasukkan ke dalam freezer?


Ternyata ada beberapa cara, yang pertama alpukat yang masih utuh bisa langsung dimasukkan ke dalam kantong plastik kemudian dibekukan di dalam freezer. Selain itu jika alpukat sudah dipisahkan antara daging dan bijinya, campur daging alpukat tersebut dengan air jeruk nipis. Masukkan ke dalam kantong plastik kemudian simpan di freezer.


Sementara ahli gizi bernama Kayla Chandler mengungkapkan cara lain untuk menyimpan alpukat agar tetap bagus dan awet. Chandler melalui video YouTube-nya mengungkapkan bahwa bawang ungu bisa digunakan untuk membuat alpukat awet. Caranya dengan meletakkan irisan bawang ungu di dekat alpukat. 


"Cukup ambil setengahnya yang masih ada bijinya, masukkan ke dalam wadah kaca dengan sedikit bawang ungu cincang. Bawang ungu mengandung asam sulfat yang membantu memperlambat oksidasi atau proses pencokelatan alpukat," ujar Chandler.


Sementara yang lain cukup menyimpan alpukat ini di dalam air dan memasukkannya ke dalam kulkas. Metode ini diklaim lebih mudah, sederhana, dan menjaga tekstur alpukat lebih baik daripada membekukan alpukat.

No comments:

Post a Comment