Wednesday, December 13, 2023

Waspada! Orang-Orang ini Dilarang Keras Mengonsumsi Pisang

Sebagai wilayah tropis yang sangat mendukung untuk pertumbuhan berbagai jenis tanaman dan pepohonan, Indonesia sangat kaya dengan bermacam-macam jenis buah. Mulai dari buah-buahan khas tropis hingga buah yang juga banyak terdapat di wilayah lain seperti pisang, banyak menjadi favorit. Pisang ini termasuk favorit, terbukti dengan segala jenis pisang yang banyak dikonsumsi. Bahkan tidak cuma dikonsumsi ketika matang, beberapa jenis juga diolah menjadi olahan makanan baru dengan bahan dasar pisang. 

Hanya saja, bagi orang-orang dengan kondisi tertentu mengonsumsi pisang bisa menjadi sesuatu yang cukup beresiko, jika bukan berbahaya. Lalu siapa saja orang-orang yang sebaiknya tidak mengonsumsi pisang karena beresiko mempengaruhi gangguan kesehatan? Inilah orang-orang yang dilarang mengonsumsi pisang;


Orang yang alergi pisang

Alergi merupakan kondisi orang-orang tertentu yang mengalami gangguan ketika bersinggungan dengan suatu hal. Misal ada orang yang mengalami gangguan kesehatan ketika cuaca dingin atau karena makanan-makanan tertentu. Termasuk ketika muncul gangguan kesehatan setelah mengonsumsi pisang, lebih baik langsung konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan penanganan kesehatan yang cepat dan tepat.


Orang dengan gangguan ginjal

Pisang memiliki berbagai jenis kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh misalnya saja kandungan kalium yang bagus untuk kesehatan jantung dan otot. Hanya saja ketika ada orang yang mengalami gangguan ginjal dan memiliki masalah dalam memproses kalium sebaiknya perlu membatasi konsumsi pisang agar tidak terjadi gangguan kesehatan.


Penderita diabetes

Selain kalium, pisang juga mengandung karbohidrat sehingga orang-orang yang memiliki riwayat diabetes sebaiknya berkonsultasi dengan dokter jika ingin mengonsumsi pisang. Karena karbohidrat seperti yang sudah banyak diketahui akan mempengaruhi kadar gula darah sehingga bagi penderita diabetes kondisi tersebut bisa menjadi masalah.


Orang yang mengalami gangguan pencernaan

Pisang bisa jadi salah satu buah dengan tekstur yang lembut sehingga seringkali dianggap akan mudah dicerna oleh tubuh. Hal ini perlu diperhatikan terutama untuk para penderita gangguan pencernaan, terutama gangguan sindrom iritasi usus besar. Orang dengan kondisi ini biasanya akan merasakan kondisi yang tidak nyaman pada perutnya setelah mengonsumi pisang.


Penderita crohn

Crohn merupakan suatu penyakit yang menyerang bagian pencernaan, dan pisang disarankan untuk dihindari bagi penderita penyakit ini karena dikhawatirkan kondisi mereka akan memburuk setelah mengonsumsi pisang. Bagi penderita gangguan ini disarankan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar bisa didapatkan keputusan yang tepat agar tidak menganggu kesehatan.


Itulah lima orang yang dilarang mengonsumsi pisang karena memiliki gangguan kesehatan dan dikhawatirkan akan memburuk jika mereka mengonsumsi pisang. 


No comments:

Post a Comment