Friday, August 9, 2019

Ilmuwan Temukan Fosil Hutan Tertua, Usianya 400 Juta Tahun

Sebuah fosil hutan tertua di dunia baru-baru ini ditemukan oleh seorang ilmuwan bernama Professor Deming Wang yang berasal dari Peking University, yang dibantu rekannya bernama Min Qin yang juga seorang ilmuwan dari Linyi University. Fosil hutan tertua di dunia tersebut ditemukan di China, tepatnya di Xinhang. 

Ilustrasi hutan era Devon
Fosil hutan tertua yang telah berusia 400 juta tahun tersebut terlihat seperti deretan hutan bakau, dengan pepohonan berbentuk unik seperti antena dengan beberapa daun yang menyerupai tentakel. Penemuan hutan tertua ini telah diterbitkan dalam sebuah Jurnal Current Biology dan semua orang bisa mengakses jurnal tersebut.


Fosil hutan tertua di China ini memiliki area yang cukup luas yaitu sekitar 250 ribu meter persegi dan disebutkan bahwa hutan ini eksis pada era Devon. Di hutan tersebut, tanaman yang mendominasi merupakan tanaman yang bisa menjulang setinggi 7,7 meter yang disebut Guangdedenron Micrum. Seperti yang tertulis di atas, pohon ini terlihat seperti antena yang menjulang dengan beberapa daun atau pelepah daun yang menyerupai tentakel ketika dewasa.

Era atau Periode Devon merupakan sebuah era sekitar 359 hingga 419 juta tahun yang lalu ketika hutan mulai banyak menyebar di seluruh wilayah benua. Era ini merupakan era yang berkembang sebelum era dinosaurus sehingga penelitian ini merupakan penelitian yang sangat penting karena bisa digunakan untuk mempelajari bagaimana kehidupan pada era tersebut.


No comments:

Post a Comment