Wednesday, July 24, 2019

Suku Paling Terancam di Dunia Terekam Kamera, Berada di Amazon

Sebuah suku langka dan paling terancam di dunia baru-baru ini berhasil terekam kamera di pedalaman Amazon. Rekaman yang menunjukkan eksistensi Suku Awa - nama suku tersebut - menjadi sebuah peringatan pada dunia modern bahwa ekosistem Amazon harus dijaga kelestariannya demi memberikan kehidupan pada makhluk hidup yang berada di dalamnya.


Suku Awa menjadi suku yang paling terancam dan memilih menyingkir demi menghindari kontak dengan dunia luar. Berbagai penelitian untuk mengungkap suku ini menyebutkan bahwa kurang lebih terdapat sekitar 350 anggota suku. Suku ini memilih untuk menyingkir lebih dalam ke dalam hutan untuk menghindari kontak dengan penambang liar, sampai penjahat dan pengedar narkoba yang terkadang sering bersembunyi di hutan.


Penambang liar disebut-sebut sering membunuh anggota Suku Awa sebagai salah satu usaha agar mereka bisa lebih banyak menambang dan menebang pohon di dalam hutan. Sementara dalam rekaman video tersebut terlihat dengan jelas beberapa orang Suku Awa yang sepertinya sedang berburu. Tampak dalam rekaman tersebut anggota suku tersebut merasa sedang diawasi karena menunjukkan ekspresi wajah yang cukup gelisah.

Rekaman tersebut didapatkan dari anggota suku lain yaitu Suku Guajajara, suku yang juga terancam esksitensinya. Suku Guajajara merupakan salah satu suku yang masih bertahan di dalam hutan, di pedalaman hutan Maranhao. Wilayah Maranhao merupakan salah satu wilayah yang mengalami penggundulan hutan besar-besar sehingga membuat keberadaan suku ini juga terancam.


No comments:

Post a Comment