Monday, June 10, 2019

Baru Lagi, Vacuum Challenge yang Viral Tetapi Berbahaya

Seiring perkembangan pergaulan manusia saat ini, dengan adanya tren media sosial yang beragam serta membuka interaksi selebar-lebarnya bagi seluruh penduduk bumi, maka informasi yang diterima akan menjadi sangat cepat. Beberapa diantaranya bahkan sangat mudah menjadi populer, yang kini dikenal dengan istilah viral - sesuatu yang populer di dunia maya. Termasuk yang satu ini, sebuah tantangan baru menyusul tantangan-tantangan yang pernah ada sebelumnya, yaitu Vacuum Challenge atau Trash Bag Challenge.


Challenge ini menambah daftar challenge yang sudah ada sebelumnya, sebut saja Skip Challenge yang viral beberapa waktu lalu. Tantangan Vakum, yang disebut juga dengan Tantangan Kantong Sampah - jika dialihbahasakan - juga menjadi viral setelah dilakukan oleh banyak remaja di dunia. Tak berbeda dengan tantangan yang sudah ada, tantangan ini juga bisa dibilang berbahaya.

Dari berbagai video yang banyak bermunculan ketika orang-orang menjalankan tantangan ini, terlihat bahwa seseorang masuk ke dalam sebuah kantong sampah (trash bag) kemudian setelah masuk dihisap menggunakan vacuum cleaner sehingga kantong sampahnya tadi menjadi ketat. Kelihatannya menarik dan tidak berbahaya.

Tetapi, dilansir detik.com, tantangan ini juga memiliki potensi bahayanya sendiri. Tantangan ini memungkinkan orang yang sedang menjalankan tantangan tersebut merasakan sebuah kondisi yang disebut Hipoksia Cerebral, yaitu suatu kondisi dimana pasokan oksigen yang menuju otak berkurang, meskipun darahnya tetap mengalir.

Para ahli menjelaskan bahwa ketika otak kekurangan oksigen hal tersebut bisa menjadi sangat berbahaya. "Sel-sel otak sangat sensitif terhadap kekurangan oksigen dan dapat mulai mati dalam waktu lima menit setelah pasokan oksigen terputus," kata lembaga National Institute of Neurological Disorders and Stroke yang dikutip dari NY Post oleh detik.

Masih mau melakukan tantangan ini?

2 comments:

  1. ayo daftarkan diri anda di AJOQQ :D
    menangkan jackpot dengan sebanyak-banyaknya :D

    ReplyDelete
  2. numpang promote ya min ^^
    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete