Thursday, April 25, 2019

Point of Nemo, Tempat Misterius Sekaligus Paling Sepi di Bumi

Jika kita membahas tentang tempat paling misterius sekaligus menakutkan di tengah-tengah laut lepas, maka yang pertama terpikirkan adalah Segitiga Bermuda. Memang, tempat itu merupakan tempat misterius yang diselimuti berbagai mitos dan kisah-kisah mengerikan yang membuatnya menjadi tempat legendaris yang ditakuti sampai sekarang. Tetapi apakah hanya Segitiga Bermuda tempat di lautan lepas yang mengerikan?


Tentu saja tidak.

Masih ada satu tempat lagi di lautan lepas yang tak kalah mengerikan dan misterius dari Segitiga Bermuda. Titik di lautan lepas ini disebut-sebut sebagai tempat paling sepi dan misterius di Bumi. Uniknya, nama tempat ini diambil dari sebuah novel karya Jules Verne, yang populer dengan karyanya Journey to the Center of the Earth. Dan nama tempat ini adalah Point of Nemo.

Namanya sendiri - Nemo, bahasa latin - berarti "no one" atau "tak ada seorangpun." Sehingga dari namanya tersebut sudah diketahui bahwa tempat ini memang sangat misterius dan sepi. Yang makin membuat mengerikan adalah titik ini diketahui merupakan kuburan massal bagi puing-puing pesawat antariksa canggih dan tanki bensin titanium. 

Ingat film Transformer? Adegan ketika tubuh Megatron ditenggelamkan di sebuah tempat misterius di tengah-tengah lautan lepas? Nah, seperti itulah gambaran dari Point of Nemo.

Secara lokasi, tempat ini sangat terpencil. Daratan paling dekat dengan Point of Nemo berjarak sekitar 2.250 Km. Dan koordinat tempat ini adalah 48 derajat 52,6 menit lintang selatan dan 123 derajat 23,6 menit bujur barat.

Banyak sekali puing-puing pesawat luar angkasa yang berada di tempat tersebut. Dan yang terbesar adalah sebuah laboratorium antariksa milik Rusia yaitu MIR. Laboratorium ini ditenggelamkan di Point of Nemo pada 2011 lalu. Bobotnya sendiri seberat 120 ton. Secara keseluruhan, Point of Nemo sudah menjadi kuburan bagi 300 wahana antariksa.  

1 comment:

  1. numpang promote ya min ^^
    Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete