Wednesday, December 12, 2018

Biar Gak Gampang Tergoda Belanja Online, Yuk Ketahui Asal Mula Harbolnas

Kemudahan dalam bertransaksi menjadi alasan utama kenapa kini orang-orang banyak yang lebih memilih berbelanja dengan sistem online. Selain itu, orang-orang tidak perlu berpanas-panasan terjebak macet, berdesak-desakan hingga bingung memilih. Dengan sistem online, semuanya telah tersedia dengan rapi sesuai klasifikasi barang yang ingin dibeli. Tinggal pilih, bayar, dan duduk manis di rumah sambil menunggu barang diantarkan oleh kurir.


Meskipun banyak kasus penipuan terjadi ketika proses jual-beli sistem online ini, toh nyatanya orang-orang tidak khawatir dengan hal tersebut. Review dari pembeli-pembeli terdahulu untuk seorang penjual menjadi salah satu indikator apakah penjual tersebut benar-benar valid atau penipu. Ditambah dengan layanan dari bank yang menerima laporan tentang nomor rekening yang digunakan untuk penipuan online. 

Di bulan Desember ini, jika kita mengakses portal online, entah itu berita atau media sosial pasti muncul iklan tentang Harbolnas, atau Hari Belanja Online Nasional. Sebenarnya, hari apasih Harbolnas ini? Siapa yang mencetuskan pertama kali? Dan kenapa bisa bikin heboh pengguna internet?

Seperti yang tertulis di atas, Harbolnas adalah singkatan dari Hari Belanja Online Nasional. Pada hari tersebut siapapun bisa berbelanja secara online barang apa saja dengan tawaran-tawaran serta promo-promo menarik yang tentu saja sangat menggoda bagi para penggila belanja online. Diskon gila-gilaan, promo barang-barang tertentu dengan harga yang super murah, flash sale, dan lain-lainnya.

Pertama kali, Harbolnas dicetuskan oleh beberapa pelaku e-commerse Indonesia seperti Lazada, Bukalapak, Berrybenka, Blanja, Zalora, dan PinkEmma pada tahun 2012 lalu. Harbolnas ini ditetapkan pada tanggal 12 di bulan Desember dan biasa disingkat menjadi 12.12. Harbolnas ini diketahui terinspirasi dari Cyber Monday di Amerika yang mana para pelaku e-commerce saling bekerja sama dalam menawarkan berbagai barang dengan harga yang murah.

Tak disangka orang-orang begitu menyambut baik Harbolnas ini sehingga sampai sekarang tanggal 12.12 masih diperingati sebagai Hari Belanja Online Nasional. Yang perlu diperhatikan adalah, harus selalu berhati-hati meskipun tawaran barang murah karena jika kemudian membabi buta membeli banyak barang, biaya yang harus dibayarkan juga akan membengkak. Belum lagi jika terkena ongkos kirim.

1 comment:

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / Whatshapp : +85587781422
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete