Thursday, December 6, 2018

Jenius atau Gila? Jepang Ingin Buat Lift yang Sampai ke Luar Angkasa

Bicara tentang teknologi, Jepang (dan China) adalah negara yang bisa dibilang sangat maju dalam hal tersebut. Jika China kini sedang berambisi ingin membuat tiruan matahari, maka Jepang kini sedang ingin membuat sebuah lift yang bisa langsung menuju luar angkasa!


Lift yang biasanya digunakan untuk naik sebatas dalam gedung-gedung tinggi pencakar langit, kini sedang diteliti oleh para ilmuwan dari Universitas Shizuoka yang bekerja sama dengan para ahli konstruksi terkenal di perusahaan Obayashi. Saat ini mereka sedang menguji teknologi lift tersebut dengan dibawa langsung ke luar angkasa dan dipasangkan pada sebuah satelit.

Sebenarnya gagasan mengenai lift yang bisa mencapai luar angkasa ini bukan sebuah ide yang baru karena pertamakali ide ini tercetus pada tahun 1895 lalu oleh ilmuwan Rusia bernama Konstantin Tsiolkovsky setelah melihat miniatur menara Eiffel. 

Sementara itu miniatur lift buatan Jepang yang sudah mengangkasa pada tanggal 11 September 2018 lalu ini berbentuk kotak dengan panjang 6 cm, lebar 3 cm dan tinggi 3 cm. Sebuah motor penggerak yang bergerak melalui kabel baja juga disematkan dalam miniatur lift luar angkasa tersebut

Pihak peneliti lift tersebut menegaskan bahwa uji coba ini merupakan yang pertama di dunia, yang melakukan eksperimen uji coba pergerakan lift di luar angkasa. Meski begitu, jika uji coba ini sukses maka pengembangan lift ini sampai lift benar-benar bisa dinikmati masih membutuhkan waktu yang cukup lama. Diperkirakan lift ini akan bisa dinikmati pada tahun 2050 mendatang.

1 comment:

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / Whatshapp : +85587781422
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete