Thursday, December 6, 2018

Bagaimana sih Memberi Nama Dinosaurus?

Tyrannosaurus Rex, Compsognatus, Triceratops, dan lain sebagainya merupakan jenis-jenis dinosaurus yang cukup lazim disebutkan. Tetapi pernahkan kalian bertanya, bagaimana sih memberi nama dinosaurus-dinosaurus yang pastinya ditemukan hanya dalam kondisi tulang-belulang dan fosil?


Para ilmuwan tentunya gak sembarangan dalam memberi nama. Tetapi mereka juga gak sampai membuat sesajen semacam tumpeng gitu kok ketika memberi nama pada dinosaurus. Nah, ternyata para ilmuwan memang memiliki caranya sendiri ketika menemukan sebuah fosil dinosaurus baru yang belum memiliki nama.

Para ilmuwan menyepakati orang pertama yang menemukan fosil tersebut bisa memberinya nama sesuka hati mereka. Sebagai contoh, fosil dinosaurus yang ditemukan di China dinamai Lingwulong Shengi dan Caihong Juji, sesuai nama penemunya yang juga orang China. 

Tetapi meski bisa memberi nama sesuka hati, bukan berarti namanya bebas karena ternyata ada kaidah-kaidah sendiri dalam memberi nama dinosaurus. Nama tersebut harus sesuai dengan Kode Internasional Nomenklatur Zoologi yang mengatur tentang nama ilmiah untuk semua organisme. Jadi tetap gak sembarangan.

Lalu dari mana asal sebutan dinosaurus?

Pada tahun 1841, Sir Richard Owen yang merupakan ahli biologi asal Inggris memberi nama Dinosaurus yang diambil dari bahasa Yunani Deinos yang berarti menakutkan dan Sauors yang berarti kadal. Secara keseluruhan Dinosaurus artinya adalah kadal yang menakutkan. Tetapi semakin kesini nama yang digunakan tak melulu bahasa Yunani karena seperti yang tertulis di atas misalnya, menggunakan nama dari bahasa China. 

Selain itu setiap harinya selalu ditemukan spesies dinosaurus baru. Saat ini sudah sekitar 1.200 spesies dinosaurus yang ditemukan dan sekitar 50 spesies baru diberi nama setiap tahunnya. Hmm..jika ada spesies dinosaurus ditemukan di Indonesia, kira-kira namanya apa ya? Ada yang mau mengusulkan??

1 comment:

  1. Bosan tidak tahu mau mengerjakan apa pada saat santai, ayo segera uji keberuntungan kalian
    hanya di D*E*W*A*P*K / Whatshapp : +85587781422
    dengan hanya minimal deposit 10.000 kalian bisa memenangkan uang jutaan rupiah
    dapatkan juga bonus rollingan 0.3% dan refferal 10% :)

    ReplyDelete