Monday, January 13, 2020

Makhluk-Makhluk Mitos Menyeramkan Dari Seluruh Dunia

Mitos atau legenda merupakan sesuatu yang sangat menarik untuk dibahas. Bukan hanya di Indonesia, di berbagai belahan dunia pun ada mitos-mitos atau legenda-legenda yang beragam dan menarik untuk dibahas. Mulai dari cerita-cerita sampai makhluk-makhluk misterius, semuanya menarik untuk dibahas. Seperti beberapa makhluk mitos dari berbagai belahan dunia di bawah ini.

POOKA (IRLANDIA)


Makhluk mitos yang pertama datang dari Irlandia, yang sering disebut dengan nama Pooka, atau Puca. Makhluk ini berkembang terutama di tengah-tengah masyarakat Celtic mulai dari Irlandia, Wales, dan sebagian Skotlandia bagian Barat. Pooka ini diceritakan seperti seperti goblin, dan bisa muncul dalam bentuk mulai dari hewan hingga wujud orang tua. Pooka mampu bicara seperti manusia dan sering berkeliaran pada malam hari. Pooka ini diceritakan tidak pernah menyakiti manusia tetapi sering membuat kekacauan.

SELKIE (SKOTLANDIA)


Di wilayah Skotlandia dan beberapa wilayah Irlandia hingga Kepulauan Faroe. Makhluk mitos ini dikisahkan memiliki wujud seperti anjing laut, tetapi ketika naik ke darat mereka bisa melepaskan kulit anjing laut mereka dan berubah menjadi manusia. Selkie disebut-sebut memiliki penampilan yang rupawan, dan bisa menggoda manusia. Selkie laki-laki bisa mendapatkan istri manusia perempuan, dan sebaliknya manusia laki-laki bisa mendapatkan istri selkie perempuan.

MANTIKORA (PERSIA)


Rakyat Persia memiliki mitos mengenai makhluk mengerikan yang bernama Mantikora atau Manticore. Makhluk mitos ini mengerikan karena memiliki wujud gabungan beberapa makhluk sekaligus seperti tubuhnya yang berupa tubuh singa, berkepala manusia, bersayap kelelawar, dengan ekor yang berbentuk seperti ekor kalajengking atau bahkan naga. Nama Mantikora ini dalam bahasa persia disebut martyxwar yang berarti pemakan manusia.

WELTHOK (INDONESIA)


Sementara di Indonesia, khususnya di daerah sekitar Surabaya, dikenal sesosok makhluk bernama Welthok, yang berwujud seperti anak kecil yang tidak memiliki tempurung kepala tetapi kepalanya mengeluarkan api yang menyala. Welthok ini sering berkeliaran pada saat pergantian hari dari siang ke malam, dan berada di sekitar sungai. Welthok ini dikabarkan sering mengajak anak-anak kecil bermain, terutama anak-anak yang ketika maghrib belum pulang ke rumahnya.

JOUROUGOMO (JEPANG)


Dalam hal mitos dan legenda, Jepang juga memiliki banyak sekali mitos dan legenda yang menarik. Diantaranya adalah Jourougomo yang diyakini merupakan sosok youkai yang berwujud laba-laba yang bisa berubah wujud menjadi sosok wanita cantik untuk menggoda manusia dan dijadikan mangsanya. Jourougomo ini ada di seluruh wilayah Jepang, kecuali Hokkaido. Diyakini bahwa Jourougomo ini bersarang di daerah hutan, dekat air terjun, dan rumah-rumah kosong terpencil di wilayah pedesaan.

LIDERC (HUNGARIA)


Makhluk mitos yang berasal dari Hungaria ini bisa dibilang unik, karena diyakini muncul terlahir di dunia berasal dari telur ayam berwarna hitam yang pertama kali keluar. Yang mengerikan, Liderc yang wujud aslinya mirip dengan ayam ini bisa berubah menjadi apa saja dan siapa saja, dan suka memperkosa wanita. Liderc masuk ke rumah korbannya melalui lubang kunci, dan terkadang mereka tetap tinggal bersama korbannya. (indozone)

1 comment:

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    ReplyDelete