Monday, October 28, 2019

Air Es Memang Segar, Tetapi Bolehkan Minum Air Es Ketika Suhu Udara Tinggi?

Selama beberapa hari terakhir hampir di seluruh wilayah Indonesia mengalami peningkatan suhu udara yang bisa dibilang cukup signifikan. Bahkan di beberapa wilayah terdengar berita ada orang yang menggoreng telur hanya dengan menggunakan pancaran panas matahari di siang hari. Meski Indonesia masuk ke dalam wilayah tropis, tetapi suhu udara belakangan memang cukup terasa mengganggu. Bahkan sangat disarankan untuk mengurangi aktifitas di luar ruangan pada siang hari.


Ketika cuaca panas, atau suhu udara tinggi, salah satu yang cukup menyegarkan adalah minum air dingin atau air es. Setiap tegukan air es yang masuk ke tubuh seolah mampu menurunkan suhu tubuh dan memberikan kesegaran pada tubuh. Biasanya orang-orang akan meminum air es ini sehabis melakukan aktifitas misalnya berolahraga. Tetapi, apakah tidak apa-apa minum air es yang dingin ketika suhu tubuh dan suhu udara sekitar sedang terasa panas?

Dilansir dari Fimela, Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), dokter Diana Sunardi SpGK mengatakan bahwa minum air es sehabis melakukan aktifitas seperti olahraga tidak dilarang. Boleh saja meminum air es ketika suhu udara tinggi atau setelah melakukan aktifitas fisik. Tetapi, dokter Diana menambahkan bahwa minum air es ketika sedang dalam kondisi panas bisa mengakibatkan kram perut.

Selain itu, dari beberapa sumber lain menyebutkan bahwa minum air es ketika tubuh sedang panas karena aktifitas, bisa menyebabkan beberapa gangguan semisal Hyponatermia, terutama ketika air es yang diminum jumlahnya banyak. Hyponatermia merupakan kondisi ketika sodium dalam darah mengalami penurunan yang drastis. Tak jarang beberapa kasus Hyponatermia ini juga mengakibatkan kematian.

Dengan adanya beberapa akibat yang kemungkinan dialami, minum air es ketika suhu tinggi lebih baik tidak dilakukan. Usahakan minum air dengan kondisi normal atau suhu ruangan sehingga air tersebut lebih mudah diserap masuk ke dalam tubuh. Air dingin memang bisa menurunkan suhu tubuh dengan cepat ketika diminum, hanya saja juga ada efek-efeknya yang mungkin bisa menyebabkan gangguan pada tubuh semisal tadi kram perut atau jika terlalu banyak minum air es dalam satu waktu menyebabkan Hyponatermia.

No comments:

Post a Comment