Wednesday, October 2, 2019

Jangan Diabaikan, 5 Tanda Awal Kamu Mengalami Depresi

Di era yang serba cepat seperti saat ini, dengan tekanan yang kuat di berbagai aspek mulai dari tuntutan keluarga, pendidikan, karir hingga hal-hal lainnya tentu tak menutup kemungkinan membuat seseorang mengalami tekanan yang berlebih, yang bahkan tak jarang mendatangkan depresi. Siapapun tentu tak ingin mengalami tekanan permasalahan yang begitu dahsyat hingga berakhir dengan depresi. Tetapi sebagai pencegahan, 5 gejala awal depresi ini mungkin bisa kamu perhatikan sehingga ketika kamu mengalami satu atau beberapa diantaranya bisa langsung melakukan langkah-langkah yang harus dilakukan agar gejala tersebut tidak berkembang menjadi depresi. Apa saja?


SULIT TIDUR
Ketika kondisi tubuh lelah, secara normal seharusnya kita bisa dengan mudah tertidur. Tetapi jika yang terjadi seperti ini; tubuh merasa lelah tetapi ternyata malah kesulitan tidur, jangan diabaikan karena bisa jadi hal itu merupakan salah satu tanda awal depresi. Apalagi jika terjadi terus menerus dan dialami oleh orang yang bukan penderita insomnia. Tentu akibatnya adalah lelah fisik dan mental karena siangnya bekerja sementara malamnya tak bisa beristirahat dengan nyaman.

MUDAH MARAH
Meski ada orang dengan karakter yang dikit-dikit marah, bagi beberapa kasus, mudah marah bisa menjadi salah satu tanda depresi. Apalagi ketika hanya karena permasalahan sepele tiba-tiba kamu merasa harus marah sampai uring-uringan. Jika perasaan yang uring-uringan tersebut muncul secara terus menerus, hal tersebut perlu diwaspadai, bisa jadi itu adalah tanda depresi.

SULIT BERKONSENTRASI
Gejala awal depresi lainnya adalah sulit berkonsentrasi. Jika pada suatu ketika kamu mengalami suatu kondisi yang membuatmu merasa sangat sulit berkonsentrasi, sulit mengingat hal-hal sepele seperti meletakkan kunci rumah atau motor, jangan diabaikan karena bisa jadi tanda tersebut adalah gejala depresi. 

SELALU MERASA BERSALAH
Rasa bersalah memang umum dialami oleh seseorang. Tetapi jika kemudian rasa bersalah tersebut muncul secara terus menerus yang dipicu oleh beberapa hal semisal masalah pekerjaan, masalah dengan teman, keluarga, atau mungkin masalah percintaan, maka sebaiknya perlu diwaspadai karena bisa jadi hal tersebut adalah tanda awal depresi. Rasa bersalah yang terus menerus akan menumpuk dan itu akan memberikan akibat yang kurang baik bagi perkembangan mental sehingga lama-kelamaan menimbulkan rasa depresi.

TIDAK BERSEMANGAT
Normalnya, orang akan bersemangat ketika menjalani hari baru, petualangan baru, atau masuk ke lingkungan yang baru. Tetapi jika kemudian tak ada rasa semangat dalam menjalani hari-hari baru, maka ada kemungkinan kamu mengalami gejala awal depresi. Hilangnya semangat ketika berada dengan orang lain, misal rekan kerja tentu akan mengakibatkan tekanan batin yang bisa mengakibatkan hal buruk ke depannya dan itu tak boleh dibiarkan begitu saja. 

Nah itulah lima tanda awal atau gejala awal seseorang yang mengalami depresi. Perlu diperhatikan bahwa terkadang hidup memang penuh cobaan tetapi dengan selalu mengingat dan berpikiran positif maka segalanya akan bisa berjalan dengan normal dan baik. Jika lelah dalam menjalani hari-hari, cobalah refresh dengan piknik, sendiri atau bersama orang-orang terdekat. Jika perlu, atur ulang jadwal dan sempatkan untuk piknik agar tubuh, pikiran, dan mental kembali segar sehingga terhindar dari depresi.

No comments:

Post a Comment