Friday, November 8, 2019

Vertigo Mendadak Kambuh? Ini Cara Cepat Untuk Mengatasinya

Pernahkah kamu merasakan kepala pusing luar biasa sampai membuat dunia terasa berputar-putar secara tiba-tiba? Jika iya, kemungkinan kamu mengalami vertigo. Gangguan kesehatan yang satu ini memang seringkali datang tanpa tanda-tanda, tiba-tiba datang begitu saja. Meski begitu, setiap orang memiliki perbedaan, ada yang terasa parah tetapi ada juga yang ringan. Jika tiba-tiba kamu mengalami situasi ini, jangan panik karena di bawah ini ada cara cepat untuk mengatasi vertigo yang tiba-tiba kambuh. Tentu harus dengan bantuan orang lain karena ketika kambuh penderita merasa pusing luar biasa. Apa saja?

NastyaSensei from Pexels
KONSUMSI SUSU DAN YOGHURT
Cara cepat dan mudah pertama untuk mengatasi vertigo yang datang tiba-tiba adalah dengan mengonsumsi susu dan olahan sejenis seperti yoghurt. Selain memberikan tambahan asupan gizi pada tubuh, produk olahan susu akan memudahkan penderita untuk beristirahat dengan lebih rileks. 

MENGHIRUP AROMATERAPI
Aromaterapi, dengan aroma apapun juga bisa menjadi cara yang mudah dan cepat untuk mengatasi penyakit vertigo yang tiba-tiba kambuh. Pilih saja aromaterapi yang aromanya disukai karena aroma wangi dari aromaterapi tersebut mampu mengurangi tegangan pada saraf-saraf kepala yang menegang dan memberikan efek relaksasi yang sangat berguna untuk mengatasi rasa nyeri akibat penyakit vertigo.

MEMPERBAIKI POSISI TIDUR
Mungkin terdengar sepele, tetapi posisi tidur yang kurang tepat bisa mengakibatkan vertigo menjadi semakin bertambah. Untuk itu, bagi penderita vertigo merubah posisi tidur juga bisa menjadi cara cepat agar vertigo segera teratasi. Gunakan bantal yang agak tinggi kemudian ketika bangun tidur, bangunlah secara perlahan, duduk selama beberapa waktu sebelum berdiri meninggalkan tempat tidur.

MELAKUKAN MANUVER EPLEY
Cara selanjutnya yang bisa dilakukan ketika vertigo kambuh adalah dengan melakukan manuver Epley atau prosedur reposisi canalith. Gerakan ini merupakan gerakan peregangan yang berguna untuk mengatur ulang organ keseimbangan dalam telinga sehingga mengurangi gejala vertigo ketika kambuh.

MINUM AIR PUTIH HANGAT
Jika vertigo ini tiba-tiba kambuh di situasi yang tak terduga, di kantor misalnya maka yang perlu dilakukan pertama kali adalah mencari tempat bersandar, kemudian jangan menggerakkan kepala terlalu sering. Jika memungkinkan carilah air putih hangat atau teh jahe untuk menenangkan dan melemaskan otot-otot yang tegang.

Sebagai pencegahan agar vertigo tidak sering kambuh, penderita vertigo harus mengetahui beberapa cara pencegahan alami yang bisa dilakukan sehari-hari, yaitu

MEMPERBANYAK ASUPAN PROTEIN
Memperbanyak asupan protein yang masuk ke tubuh bisa menjadi cara yang bagus untuk mencegah sekaligus mengatasi vertigo. Protein bisa didapatkan dari berbagai bahan makanan seperti daging dan kacang-kacangan. Protein yang cukup akan memperlancar peredaran darah dan memperbaiki fungsi saraf.

LATIHAN KONSENTRASI
Melatih fokus atau konsentrasi juga perlu dilakukan. Caranya dengan memandang satu titik selama beberapa waktu dengan konsentrasi penuh. Hal ini berguna ketika tiba-tiba vertigo menyerang, penderita yang sudah terlatih konsentrasinya tidak akan mudah kehilangan kesadaran.

SARAPAN RUTIN 
Sarapan seringkali dilupakan, terutama bagi para pekerja kantoran yang sibuk sehingga memilih untuk tidak melakukan sarapan. Padahal sarapan ini sangat penting, meskipun porsinya kecil. Perlu diperhatikan juga agar memperhatikan asupan kafein yang masuk ke dalam tubuh. (sumber)

1 comment:

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 8 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66 (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete