Friday, November 1, 2019

Cara Alami Mengobati Amandel Pada Anak Tanpa Operasi

Amandel, siapa yang tak mengetahui penyakit ini? Hampir semua orang dari anak-anak hingga dewaasa mengenal penyakit ini karena memang amandel bisa menyerang segala rentang umur mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Biasanya amandel ini disebabkan oleh virus atau infeksi bakteri. Tindakan pengobatan yang paling umum dilakukan ketika mengalami amandel biasanya adalah operasi. Jika yang terkena amandel adalah anak-anak, lebih baik gunakan cara alami ini daripada dilakukan operasi. Cara alami ini bisa mengatasi amandel dengan cepat tanpa operasi. Bagaimana?


Seringkali, penyebab amandel pada anak-anak ini berbeda. Pada anak-anak di bawah 5 tahun, virus adalah biang keladinya sementara untuk anak-anak 5 - 15 tahun maka yang menjadi penyebab adalah infeksi bakteri. Meski begitu, cara alami ini bisa dilakukan untuk pengobatan penderita amandel baik itu yang masih balita atau anak-anak di atas 5 tahun sampai menjelang remaja awal.

MEMPERBANYAK ISTIRAHAT
Ketika tubuh mengalami masalah dengan adanya penyakit, maka yang harus dilakukan adalah memperbanyak istirahat. Cara ini umum dilakukan ketika mengalami hampir semua jenis penyakit, termasuk amandel ini. Arahkan anak agar mengurangi kegiatan dan keaktifan mereka untuk memulihkan kondisi kesehatannya.

MENGONSUMSI MAKANAN YANG LEMBUT
Sebagai penyakit yang ada di dalam tenggorokan, amandel ini tentu sangat menganggu ketika penderita sedang makan. Hal ini dikarenakan radang yang ada di dalam tenggorokan tersebut membuat penderita mengalami nyeri ketika menelan makanan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pilih bahan-bahan makanan yang lembut agar lebih mudah ditelan, seperti bubur.

PASTIKAN UDARA DI SEKITAR PENDERITA BERSIH
Berbagai jenis polusi udara juga memberikan kontribusi dalam memperburuk keadaan amandel pada anak. Sehingga ketika anak sedang mengalami amandel, usahakan agar lingkungan sekitar terhindar dari berbagai jenis asap seperti asap kendaraan, asap rokok, hingga debu. Jika perlu gunakan alat pembersih udara.

PERBANYAK ASUPAN BUAH-BUAHAN
Buah-buahan sebagai salah satu bahan yang kaya akan vitamin dan zat-zat yang berguna bagi tubuh ini memang perlu dikonsumsi lebih banyak ketika mengalami amandel. Tetapi tak semua buah dan harus dipilih. Di bawah ini beberapa buah yang bisa digunakan sebagai obat alami penderita amandel, beserta cara untuk mengolahnya. 

Jambu Biji
Buah yang kaya vitamin C seperti jambu biji ini sangat tepat digunakan sebagai obat amandel. Selain itu jambu biji bisa memperkuat daya tahan tubuh dan mempercepat proses penyembuhan amandel. Untuk menggunakan jambu biji sebagai obat amandel, caranya adalah sebagai berikut:
  • Siapkan 1 buah jambu biji matang, cuci bersih.
  • Kupas kulit luarnya, kemudian potong kecil-kecil buah bagian dalamnya.
  • Masukkan ke dalam blender, tambah air secukupnya.
  • Tambah sedikit gula atau madu kemudian campur dengan cara diblender sampai halus.
  • Untuk hasil maksimal bisa dilakukan 2x sehari secara teratur.

Jeruk Nipis
Selain jambu biji, jeruk nipis juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan amandel. Dengan sifat antibakteri, antivirus, dan antiinflamasi yang dimiliki jeruk nipis, buah ini sangat bagus sebagai bahan pengobatan amandel. Untuk menggunakannya pun cukup mudah, yaitu:
  • Siapkan 1 gelas air hangat.
  • Campurkan air tersebut dengan perasan air jeruk nipis.
  • Tambahkan sedikit garam dan dua sendok teh madu.
  • Lakukan 2x sehari untuk hasil yang maksimal.

Buah Tin
Buah Tin, atau yang juga dikenal dengan sebutan buah ara juga merupakan obat amandel yang manjur karena mengandung lendir mucilage yang mengurangi rasa sakit akibat peradangan. Cara menggunakan buah tin atau buah ara ini untuk pengobatan amandel adalah:
  • Ambil 3 buah tin, cuci bersih kemudian rebus.
  • Jika sudah cukup, angkat dan haluskan buah tin tersebut.
  • Tambahkan 1 sendok makan madu asli.
  • Konsumsi ramuan tersebut 2x sehari selama beberapa hari dengan teratur untuk hasil maksimal.

MENGOBATI AMANDEL DENGAN BAHAN-BAHAN YANG ADA DI DAPUR
Selain cara-cara di atas, beberapa bahan makanan yang ada di dapur juga bisa digunakan sebagai obat untuk penyakit amandel. Misalnya saja seperti bahan-bahan di bawah ini:

Cuka Sari Apel
Cuka sari apel bisa digunakan sebagai obat amandel, dan caranya sangat mudah. Cukup campurkan cuka sari apel ini sebanyak 1 sendok teh ke dalam 1 cangkir air hangat. Kemudian berkumurlah menggunakan ramuan tersebut sambil menengadahkan kepala. Lakukan sebanyak 3x sehari.

Kunyit
Jika cuka sari apel dirasa sulit didapatkan, maka bisa diganti dengan kunyit. Kunyit merupakan bahan alami yang cukup ampuh untuk mengobati amandel, dan untuk menggunakannya pun cukup mudah. Campurkan 1 cangkir air hangat dengan setengah teh kunyit dan setengah sendok teh garam. Gunakan ramuan tersebut untuk berkumur sebanyak 2x sehari dengan menengadahkan kepala. Selain itu bubuk kunyit yang dicampur dengan lada hitam bisa dicampurkan ke dalam susu hangat kemudian diminum sebelum tidur.

MEMPERBANYAK MINUM AIR PUTIH
Ketika terserang amandel, jangan lupa untuk memperbanyak asupan air putih, khususnya air putih hangat untuk menjaga tenggorokan tetap lembab. Cara ini bisa dilakukan sebagai pendukung cara-cara di atas sehingga amandel bisa diatasi tanpa harus operasi.

1 comment:

  1. Ingin Cari Kaos Dakwah Terbaik, Disini tempatnya:
    Tshirt Dakwah Quote

    Mau Cari Bacaan Cinta Generasi Milenia Indonesia mengasikkan, disini tempatnya:
    Penggoda dan Penghianat Itu Tidak Akan Pernah Bahagia

    ReplyDelete