Monday, December 2, 2019

Ngeri, Lubang Hitam ini 68 Kali Lebih Besar dari Matahari

Sekelompok ilmuwan China menemukan sebuah lubang hitam yang memiliki ukuran supermassive alias sangat besar. Menurut ilmuwan China tersebut ukuran lubang hitam ini sangat tak wajar karena sebesar-besarnya ukuran lubang hitam tak pernah bisa lebih besar 25 kali dari matahari. Sementara lubang hitam yang baru ditemukan ini memiliki massa 68 kali lebih besar dari matahari. Ukuran yang sangat besar itu ternyata bukan hanya satu-satunya fakta yang cukup mengerikan karena masih ada fakta yang lebih mengerikan.


Lubang hitam yang diberi nama LB-1 ini ternyata terletak cukup dekat dengan planet yang kita tinggali yaitu Bumi, sekitar 13.800 tahun cahaya dari Bumi. Jifeng Liu, penulis utama dari penelitian mengenai lubang hitam raksasa tersebut menuliskan bahwa lubang hitam dengan ukuran yang sangat luar biasa besar tersebut seharusnya tak pernah ada di dalam galaksi kita. 

Masih menurut Liu, supermassive blackhole alias lubang hitam raksasa LB-1 tersebut terbentuk bukan dari satu bintang saja melainkan terbentuk dari dua lubang hitam berukuran lebih kecil yang saling mengorbit. Para ilmuwan menyebut fenomena ini sebagai "Fallback Supernova." Fenomena ini merupakan fenomena ketika terjadi ledakan bintang (supernova) melepaskan material yang kembali jatuh ke supernova dan menciptakan lubang hitam.

Sementara itu, bukan hanya ilmuwan China yang telah mendeteksi lubang hitam ini karena Teleskop Gaia di Eropa ternyata juga mendeteksi lubang hitam raksasa ini. Dari pengamatan teleskop tersebut hasilnya bahkan lebih mengejutkan lagi karena terdapat perbedaan jarak dengan hasil penelitian di China. Dari Teleskop Gaia itu diperkirakan bahwa jarak LB-1 dari Bumi hanya sekitar 7.000 tahun cahaya. 

1 comment:

  1. Ingin Cari Kaos Dakwah Terbaik, Disini tempatnya:
    Tshirt Dakwah Quote

    Mau Cari Bacaan Cinta Generasi Milenia Indonesia mengasikkan, disini tempatnya:
    Penggoda dan Penghianat Itu Tidak Akan Pernah Bahagia

    ReplyDelete