Tuesday, December 24, 2019

Pertarungan Kejam Tawon vs Laba-Laba Besar, Siapa Pemenangnya?

Meski kadang terlihat kejam, alam liar memiliki hukum alamnya sendiri sehingga tak jarang kita melihat hewan lemah yang dicabik-cabik pemangsa, atau mungkin lalat kecil yang menghisap darah hewan mamalia. Di alam liar, hewan-hewan kecil bukan berarti lemah. Misalnya saja laba-laba. 


Laba-laba yang memiliki banyak spesies ini merupakan salah satu hewan yang mengandung bisa, dengan cara berburu yang beraneka ragam, mulai dari membangun sarang dari jaring untuk menjebak, atau menyergap mangsa secara tiba-tiba. Dengan wujud yang mengerikan, tak jarang laba-laba ini kerap muncul dalam film-film horor. Tetapi, dengan semua keunggulannya, bukan berarti tak ada lawan untuk laba-laba.

Seperti yang baru saja ditunjukkan oleh seorang pengguna Reddit bernama u/space_monster yang mengunggah sebuah foto yang cukup menarik perhatian. Foto yang ia unggah di Reddit tersebut mendapatkan ribuan komentar dan 39 ribuan upvoted. Foto yang diunggah tersebut menampilkan seekor tawon kecil yang membawa mangsa berupa laba-laba besar yang berukuran hampir 3x ukuran tubuhnya.

Spider Wasp vs Huntsman Spider (Reddit: u/space_monster)
Dari foto tersebut bisa diambil kesimpulan bahwa tarantula tersebut akhirnya terbunuh setelah bertarung dengan tawon berwarna hitam kuning dengan tubuh memanjang itu. Jika diamati, dua spesies hewan tersebut ternyata merupakan tawon Tarantula Hawk dan laba-laba Huntsman Spider. Selain disebut Tarantula Hawk, tawon tersebut ternyata memang spesialis pemburu laba-laba sehingga juga disebut Spider Wasp.

Tawon ini merupakan spesies yang memang terbiasa memakan tarantula atau jenis laba-laba lainnya. Selain itu tawon ini memiliki kebiasaan yang mengerikan. Spider Wasp ini membutuhkan laba-laba atau tarantula untuk kemudian dijadikan wadah untuk telurnya. Ketika telur ini menetas, larva tawon akan membuat lubang di perut tarantula agar ia bisa masuk dan memakan laba-laba tersebut dari dalam.

Selama berada di dalam tubuh tarantula, larva tawon ini akan menghindari organ-organ vital agar tarantula tersebut tetap hidup. Bisa dibayangkan selama larva tersebut ada di dalam tubuh tarantula, tarantula tersebut mengalami siksaan yang luar biasa. Disiksa pelan-pelan sampai mati. Uniknya, tawon ini hanya akan berburu laba-laba jika mereka akan bertelur. Ketika dewasa, tawon ini hanya makan nektar bunga.

Jadi, laba-laba atau tarantula ini dijadikan makanan untuk larva tawon yang baru menetas. 

No comments:

Post a Comment