Thursday, December 5, 2019

Miris, Beruang Kutub ini Menjadi Korban Vandalisme

Beruang kutub merupakan salah satu jenis beruang yang hidup di daerah dingin belahan bumi utara. Beruang jenis ini merupakan jenis beruang dengan tubuh besar, dengan ditutupi bulu berwarna putih yang berfungsi sebagai kamuflase dengan lingkungan sekitar yang tertutupi salju. Tetapi baru-baru ini ilmuwan dari WWF (Worldwife Wildlife Fund) bernama Sergey Kavry melalui akun Facebook mereka membagikan sesuatu yang memprihatinkan.


Sebagai informasi, populasi Beruang Kutub saat ini merupakan hewan yang terancam punah akibat dari kerusakan habitat dan ekosistem yang masif. Ditambah dengan perubahan iklim yang mengakibatkan es mencair dengan cepat mengakibatkan tempat tinggal mereka di kutub semakin menghilang. Tetapi rupanya ancaman untuk hewan eksotis ini bukan hanya itu. Setidaknya apa yang baru saja ditemukan oleh ilmuwan WWF tersebut menunjukkan fakta yang cukup mengejutkan.


Berung kutub yang seharusnya memiliki bulu berwarna putih ini terlihat memiliki corak aneh di tubuhnya yang berwarna putih bersih. Corak tersebut kemudian diketahui terbaca T-34 yang sepertinya ditulis menggunakan cat yang berwarna hitam. T-34 diketahui merupakan kode Tank Soviet yang digunakan untuk melawan NAZI.

Beruang Kutub dengan coretan tertulis T-34 ini terlihat di wilayah otonom Chukotka Rusia. Sampai saat ini belum diketahui siapa pelaku yang mencoret tubuh beruang tersebut. Wilayah Chukotka tepatnya di pesisir Novaya Zemlya sejak awal tahun 2019 memang banyak terdapat masalah terkait dengan beruang kutub. Sekitar 50an Beruang Kutub melakukan migrasi dan bersinggungan dengan pemukiman manusia.

Ilmuwan menyimpulkan kemungkinan pada saat itu beruang tersebut dibius kemudian dicoret-coret oleh oknum yang tak bertanggung jawab. Hal ini mungkin terlihat sepele tetapi faktanya hal tersebut bisa sangat mengancam nyawa beruang tersebut. Corak hitam mencolok yang ada pada tubuh beruang tersebut berpotensi mengancam nyawa karena mengakibatkan kesulitan dalam mencari makan.

Hal itu secara tak langsung akan membuyarkan kamuflase alami karena coretan tersebut sangat jelas terlihat sehingga musuhnya akan sangat mudah menghindari beruang tersebut. Kemudian karena kesulitan mencari makan di alam liar, beruang tersebut bisa jadi akan masuk ke pemukiman manusia dan mencari makan di pemukiman manusia.


No comments:

Post a Comment