Monday, December 9, 2019

Seperti Mutan, Mikroba ini Mampu Memakan Batuan Luar Angkasa

Dalam kisah-kisah fiksi superhero, kemampuan menyerap energi dari materi lain mungkin bukan sebuah hal yang mengherankan. Lalu bagaimana jika peristiwa tersebut terjadi di dunia nyata? Baru-baru ini ilmuwan menemukan sebuah peristiwa yang mengejutkan. Bahkan mirip-mirip dengan apa yang terjadi pada kisah-kisah fiksi superhero. 
Adalah Metallosphaera Sedula, nama untuk mikroba yang memiliki kemampuan super macam mutan atau superhero. Mikroba tersebut diketahui mampu memakan batuan luar angkasa termasuk asteroid dan menyerap energinya. Mikroba tersebut ditemukan pada bongkahan-bongkahan asteroid yang telah jatuh ke Bumi. Uniknya lagi, mikroba ini dapat tumbuh subur pada logam.

Penemuan dan penelitian mengenai mikroba ini telah dimuat pada jurnal Scientific Reports. Disebutkan bahwa mikroba Metallosphaera Sedula ini selain memakan batuan luar angkasa juga mampu memanfaatkan energi dari sumber anorganik melalui proses oksidasi. Yang dimakan mikroba ini merupakan senyawa anorganik yang terdapat pada batuan luar angkasa.

No comments:

Post a Comment