Wednesday, November 7, 2018

Gila! Toilet yang Dibangun Sejak 2017 ini Menghabiskan Dana Rp 1.4 M!

Bagaimanapun bentuknya, toilet secara umum berfungsi sebagai tempat untuk membuang zat-zat sisa dari dalam tubuh manusia. Dan biasanya, toilet dirancang dengan tidak terlalu mencolok yang penting berfungsi dengan baik.


Tapi berbeda dengan sebuah toilet yang ada di obyek wisata Buntu Burake, Tana Toraja, Sulawesi ini. Pasalnya, toilet yang dibangun sejak 2017 ini ternyata telah menghabiskan dana sebesar Rp 1.4 milyar! Dan itupun pembangunannya belum selesai!


Pada awalnya, toilet ini dibangun untuk memberikan fasilitas pada para pengunjung yang sedang berkunjung ke obyek wisata tersebut. Tetapi karena pembangunannya yang lama, saat ini banyak terdapat toilet liar yang bertarif Rp 5000 sampai Rp 7000 tergantung kebutuhan.

Toilet mewah ini sendiri memiliki luas 3,4 meter persegi untuk masing-masing unit dimana terdapat tiga unit; satu untuk laki-laki dan dua untuk perempuan. Sementara di dalamnya terdapat toilet duduk, wastafel, kemudian juga lima urinoir. Dari luar toilet ini terlihat biasa saja dan tak akan terbayangkan kalau toilet berwarna putih ini telah menelan anggaran Rp 1.4 milyar.

No comments:

Post a Comment