Monday, November 12, 2018

Lebih Dekat Dengan Laboratorium Nuklir Terbesar di Dunia, CERN

Nuklir, teknologi ini sejak lama menjadi perdebatan. Di satu sisi memberikan manfaat bagi manusia, tetapi di sisi lain memiliki efek yang sangat mengerikan bagi makhluk hidup. Meski begitu, beberapa negara maju mengembangkan teknologi ini meskipun dengan pengawasan dan tingkat keamanan super tinggi dan canggih.


Amerika mungkin memimpin dalam berbagai jenis teknologi, tetapi nyatanya laboratorium nuklir terbesar bukan ada di Amerika melainkan di Eropa. Laboratorium nuklir yang disebut CERN ini berada di wilayah perbatasan Perancis dan Swiss. Laboratorium ini menjadi yang terbesar bukan hanya luas areanya saja, tetapi juga karena beberapa negara tergabung dalam penelitian nuklir di laboratorium ini, dan semuanya negara di wilayah benua Eropa, kecuali Israel.

Selain itu, di dalam laboratorium ini terdapat ribuan tenaga ahli dari ratusan universitas dan negara yang tergabung dalam laboratorium tersebut. Dalam perkembangannya, CERN terutama bertujuan untuk menemukan partikel-partikel lain selain partikel yang sudah diketaui manusia sejauh ini. Tentu saja tujuan dari pencarian partikel baru tersebut adalah agar bisa diaplikasikan dalam berbagai hal dan bidang.

No comments:

Post a Comment