Friday, September 20, 2019

4 Makanan Sehat Agar Terhindar dari Diabetes di Usia Muda

Banyak yang menganggap bahwa penyakit diabetes hanya akan menyerang orang-orang tua. Salah besar! Saat ini banyak pengidap diabetes malah berasal dari kalangan usia muda. Gaya hidup yang tak teratur, terutama berkaitan dengan asupan makanan menjadi salah satu penyebabnya. Berbagai olahan makana cepat saji, yang mengandung banyak lemak menjadi biang permasalahan munculnya penyakit diabetes ini. 


Jika seseorang sudah mengidap penyakit ini, ia harus menjaga kadar gula darahnya tetap stabil. Dan demi menjaga gula darah yang normal setiap waktu, ia harus menjaga dan memperhatikan makanan yang ia makan setiap harinya. Merepotkan bukan? Nah, bagi para kaum muda, setidaknya ada empat makanan sehat yang bisa dikonsumsi dan tidak akan memberikan pengaruh pada gula darah dalam tubuh. Artinya, empat bahan makanan lezat ini juga aman dikonsumsi bagi penderita diabetes. Apa saja?

ALPUKAT
Alpukat ini merupakan salah satu buah favorit banyak orang. Ada yang langsung dimakan begitu saja, atau bisa diolah menjadi jus. Meski mengandung lemak, buah alpukat ini aman dikonsumsi oleh penderita diabetes karena lemak yang terkandung dalam buah alpukat ini mampu menstabilkan kadar gula darah yang berlebih.

TELUR ORGANIK
Tentu harganya lebih mahal, tetapi sepadan karena telur organik ini didapatkan dari ayam yang dipelihara dengan alami tanpa obat-obatan atau berbagai jenis vitamin ataupun vaksin. Telur organik mengandung berbagai jenis vitamin seperti Vitamin A, Vitamin E, Omega-3 yang tentu saja sangat baik untuk kesehatan tubuh.

MENTIMUN
Buah mentimun - ada yang memasukkannya ke dalam jenis sayuran - merupakan salah satu bahan makanan sehat lainnya yang aman dikonsumsi bagi penderita diabetes sekalipun. Mentimun mengandung berbagai jenis vitamin dan juga mineral, serta mengandung banyak air. Hal ini menyebabkan orang yang mengonsumsi mentimun akan merasa kenyang lebih lama meskipun mentimun ini tidak memiliki banyak serat.

PLAIN MILK
Susu murni tanpa campuran bahan lain seperti gula, merupakan bahan makanan sehat yang bisa dikonsumsi untuk kesehatan. Bahan ini bahkan bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes, dengan catatan tanpa dicampur dengan bahan lain. Selain plain milk, yoghurt juga bisa dikonsumsi karena juga memberikan manfaat yang baik bagi tubuh.

Itulah empat bahan makanan sehat yang bisa dikonsumsi untuk kesehatan, dan bahkan bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes. Gaya hidup yang terkait dengan makanan memang harus dijaga agar terhindar dari diabetes di usia muda.

No comments:

Post a Comment