Tuesday, September 17, 2019

7 Kebiasaan yang Bisa Menyebabkan Kulit Kusam

Bagi para wanita, memiliki kulit yang halus, mulus, dan bercahaya tentu menjadi idaman. Melakukan berbagai perawatan kulit menjadi salah satu cara agar tetap mendapatkan kulit yang cerah dan bercahaya. Dan tentunya halus. Tetapi nyatanya, di kehidupan sehari-hari ini ternyata banyak kebiasaan yang secara tak sadar dilakukan dan itu berpengaruh pada kulit yang menjadi kusam. Kebiasaan apa? Di bawah ini ada tujuh kebiasaan yang bisa membuat kulit menjadi kusam.


MENGGUNAKAN PRODUK SKINCARE YANG KURANG TEPAT
Kulit manusia, antara satu dengan yang lain memiliki karakter yang berbeda sehingga kita harus memahami bagaimana karakter kulit yang kita miliki, terutama kulit wajah. Dengan mengetahui karakter kulit kita bisa memilih produk skincare yang tepat sesuai dengan kondisi kulit. Pasalnya, jika sembarangan menggunakan skincare kemudian digunakan secara terus menerus, bukannya makin bercahaya, yang ada malah kulit terlihat kusam dan muncul jerawat.

SERING TERPAPAR SINAR MATAHARI DAN POLUSI
Sinar matahari di waktu-waktu tertentu memang menyehatkan, tetapi ada baiknya agar sinar matahari ini tidak terlalu sering mengenai kulit. Apalagi ditambah dengan sering terpapar polusi udara yang saat ini semakin hari semakin parah. Terlalu sering terkena sinar matahari dan polusi bisa menyebabkan kulit wajah menjadi kusam dan tidak bercahaya. Sunscreen atau sunblock mungkin bisa membantu mengurangi efek dari sinar matahari yang berlebihan.

KURANG TIDUR
Jangan salah, tidur yang cukup bisa membantu kulit menjadi lebih cerah dan sehat. Sebaliknya, kekurangan waktu tidur menyebabkan kulit menjadi kusam. Hal ini dikarenakan ketika tidur sel-sel yang ada di kulit melakukan regenerasi, sementara ketika kekurangan waktu tidur, regenerasi sel-sel kulit ini terhambat sehingga kulit terlihat lebih kusam.

SERING STRES
Berbagai jenis produk skincare mungkin membantu kulit menjadi lebih cerah, tetapi jangan sampai kita melakukan perawatan dari luar sementara dari dalam tubuh kita tidak mendukung. Misalnya saja terlalu sibuk dengan pekerjaan sampai menyebabkan stres. Atau sedang mengalami permasalahan yang cukup rumit hingga menyebabkan stres. Terlalu sering mengalami stres, menyebabkan meningkatkan kortisol yang akan memenuhi kulit dan menghambat perbaikan kulit. Jadi, perawatan dari luar harus didukung dengan pikiran dan jiwa yang sehat juga.

TUBUH KURANG MENDAPAT ASUPAN NUTRISI
Lagi, bahwa apa yang ada di dalam tubuh juga penting. Oke, mungkin kita tidak pernah stres atau jarang, tetapi jika kita kekurangan asupan nutrisi, hal tersebut bisa menyebabkan kulit kusam. Selain itu mengurangi konsumsi gorengan dan garam, dan memperbanyak konsumsi buah dan sayuran segar bisa membantu mendapatkan kulit yang lebih cerah.

TIDAK MEMBERSIHKAN WAJAH SEBELUM TIDUR
Tidur dengan make-up yang masih menempel tentu akan memberikan akibat yang kurang baik bagi kulit wajah. Make-up yang belum dibersihkan kemudian langsung tidur akan menyebabkan kulit menjadi kusam dan menyebkan jerawat. Selain itu juga bisa menyebabkan penuaan dini. Hal ini dikarenakan make-up dan kotoran menyumbat pori-pori wajah.

TIDAK PERNAH MELAKUKAN EKSFOLIASI
Pada permukaan wajah banyak terdapat sel-sel kulit mati yang jika tidak dibersihkan akan menyebabkan kulit menjadi kusam. Eksfoliasi atau membersihkan sel-sel kulit mati ini juga perlu dilakukan agar kulit terlihat lebih cerah.

Nah itulah tujuh kebiasaan yang bisa menyebabkan kulit menjadi kusam. Setelah mengetahui hal tersebut segera ubah kebiasaan tersebut sehingga kulit akan terlihat lebih cerah dan segar.

No comments:

Post a Comment