Wednesday, September 18, 2019

Meski Segar, Hindari Mengonsumsi 4 Kombinasi Buah dan Sayur Ini di Pagi Hari

Bagi sebagian orang, sarapan tak perlu sampai makan makanan berat. Sebagai gantinya roti dengan susu, atau buah-buaha dan sayuran terkadang sering dijadikan alternatif. Khusus untuk orang-orang yang sering menggunakan buah dan sayuran sebagai sarapan, mungkin perlu lebih berhati-hati karena ada beberapa jenis buah dan sayur yang tidak bisa dijadikan satu atau dicampur. Khususnya di pagi hari, lebih baik menghindari 4 kombinasi buah dan sayur di bawah ini.

Valeria Boltneva from Pexels

MELON DAN SEMANGKA
Siapa yang menyangkal kesegaran buah melon dan semangka? Kandungan airnya yang tinggi membuat kedua buah ini menjadi favorit banyak orang, terutama ketika hari sedang terik. Tetapi perlu diperhatikan bahwa kedua buah ini lebih baik tidak dikonsumsi secara bersamaan karena akibatnya tidak akan bisa dicerna dengan baik.

BUAH YANG RASANYA ASAM DENGAN BUAH YANG RASANYA TIDAK ASAM
Saking banyaknya jenis buah-buahan, rasanya pun bermacam-macam. Beberapa buah memiliki rasa asam seperti stroberi atau anggur, hingga yang rasanya manis seperti pisang. Yang perlu diketahui, jangan mengonsumsi buah yang memiliki rasa yang berlawanan tersebut dalam waktu yang sama. Jadi, sangat disarankan untuk tidak mengonsumsi buah yang rasanya asam dengan buah yang rasanya manis di waktu yang sama karena bisa menyebabkan mual, acidosis, hingga sakit kepala.

SALAD
Olahan makanan campuran buah dan sayur atau yang sering disebut salad merupakan salah satu jenis olahan makanan yang cukup populer. Karena bahan-bahannya terdiri dari berbagai jenis sayur dan buah, maka rasa yang ditawarkan pun cukup segar. Tetapi bagi yang ingin membuat salad, harap memperhatikan kombinasi buah dan sayur yang digunakan. Misalnya jeruk dan wortel sebaiknya jangan diolah dalam satu olahan yang sama karena bisa menyebabkan refluks asam dan heartburn.

BUAH PADAT DAN PROTEIN NABATI
Beberapa jenis buah yang memiliki tekstur padat seperti pisang memang bisa menjadi alternatif ketika sarapan karena mengenyangkan. Tetapi yang perlu diketahui, ketika mengonsumsi buah-buahan padat atau sayuran bertekstur padat akan lebih baik jika tidak ditambah dengan bahan yang memiliki kandungan protein nabati tinggi. Hal ini membuat tubuh menjadi kesulitan untuk mencerna kedua bahan tersebut.

No comments:

Post a Comment