Thursday, September 26, 2019

7 Tempat di Bumi yang Punya Air Paling Jernih di Dunia

Perkembangan teknologi yang begitu pesat di satu sisi memberikan keuntungan dan manfaat bagi manusia tetapi di sisi lain juga memberikan dampak buruk terutama bagi alam. Pemanasan global yang mengakibatkan berbagai perubahan di dunia, mulai dari perubahan suhu hingga meningkatnya air laut karena es kutub mulai mencair. Sementara polusi yang hampir ada di setiap sudut alam mulai dari polusi udara hingga polusi air.


Terkhusus untuk air, material unik yang satu ini memang sedang dalam kondisi yang genting. Kekeringan terjadi hampir di seluruh tempat di dunia, akibat berkurangnya lahan hijau yang digunakan untuk pembangunan pemukiman penduduk. Sampah mengotori sungai hingga laut, menyebabkan makhluk hidup penghuni sungai dan laut terancam. Termasuk manusia yang memanfaatkan air sebagai salah satu sumber kehidupan.

Tetapi di beberapa tempat di dunia ini, rupanya masih ada tempat-tempat yang menyimpan keindahan terutama untuk kejernihan air-nya. Beberapa tempat ini memiliki air yang paling jernih di dunia, yang saking jernihnya pemandangan di bawah air pun bisa dilihat dengan mata telanjang. Di mana saja?

CAYO COCO, KUBA


Sebuah pulau bernama Cayo Coco yang terletak di negara Kuba ini dikelilingi dengan air laut yang sangat jernih. Saking jernihnya, siapapun pasti tak tahan untuk tidak melompat masuk ke air. Selain itu pemandangan pantainya juga sangat mempesona, dengan hamparan pasir putih yang membentang cukup panjang. Tempat ini sangat cocok bagi siapapun yang ingin menikmati pemandangan alam yang menakjubkan.

DANAU PEYTO, KANADA


Negara yang terletak di Benua Amerika bagian utara ini memang terkenal dengan landskap-nya yang indah dan mempesona. Selain pemandangan yang menakjubkan, di Kanada ini rupanya juga terdapat sebuah sumber air dengan air yang sangat jernih, yaitu Danau Peyto. Danau unik ini terletak di Taman Nasional Banff.

WAKATOBI, INDONESIA


Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki debit air yang sangat besar yang berasal dari lautan yang mengelilinginya. Di beberapa tempat, terutama di Indonesia bagian timur, merupakan wilayah yang terkenal dengan pemandangan pantai dan lautnya yang sangat indah. Wakatobi adalah salah satunya, dimana yang menjadi salah satu andalannya adalah kejernihan air lautnya.

DANAU CRATER, AMERIKA


Siapa sangka Amerika yang sangat maju dalam hal teknologi ini memiliki sebuah danau menakjubkan yang bahkan disebut-sebut sebagai danau dengan air termurni di dunia? Selain itu Danau Crater adalah danau yang paling dalam di dunia. Danau yang terbentuk sekitar 7.700 tahun yang lalu ini sering menjadi tujuan para fotografer profesional karena keindahan pemandangannya.

FIJI


Negara kepulauan di perairan Pasifik ini sangat terkenal karena keindahan pantainya. Bahkan bisa dibilang semua pantai di negara Fiji ini terlihat indah dan menakjubkan, dengan perairan yang jernih. Saking jernihnya, pemandangan di bawah air perairan Fiji bisa dilihat dengan mata telanjang. 

TELUK TORTUGA, GALAPAGOS


Pulau unik Galapagos juga memiliki sebuah tempat yang memiliki air jernih, yaitu Teluk Tortuga. Teluk yang menjadi sarang penyu hitam yang kemudian dijadikan sebagai nama teluk ini memiliki hamparan pasir putih yang indah yang bisa dinikmati siapapun yang datang ke sana. 

VIRGIN ISLAND


Virgin Island atau Pulau Virgin merupakan sebuah pulau dengan potensi wisata yang luar biasa karena disamping pemandangan lautnya yang menawan karena airnya yang sangat jernih, terdapat pula di pulau ini batu-batu raksasa atau batholith yang merupakan sisa-sisa dari letusan gunung berapi, dan kemudian membentuk semacam gua yang di dalamnya terdapat kolam-kolam dengan air yang juga sangat jernih.

No comments:

Post a Comment