Friday, September 27, 2019

Terdengar Sepele, Jangan Abaikan 7 Gejala Tipus Ini

Penyakit Tipus, hampir semua orang pernah mengalami penyakit ini. Biasanya orang yang terserang penyakit tipus akan mengalami rasa lemas yang luar biasa, bahkan hingga untuk bergerak sedikit akan terasa langsung pusing. Maka biasanya orang yang terkena penyakit tipus harus istirahat total dari segala jenis kegiatan. Sialnya, penyebab penyakit tipus ini, yaitu bakteri Salmonella Typhi bisa menyerang melalui berbagai media semisal makanan hingga makanan. Sama seperti penyakit lain, tipus ini juga memiliki gejala-gejala yang perlu diwaspadai. Meskipun terdengar sepele, jangan abaikan 7 gejala ini, siapa tahu gejala tersebut merupakan gejala tipus. Apa saja?


TUBUH MERASA SANGAT LEMAS
Bakteri penyebab tipus biasanya menyerang imun atau daya tahan seseorang sehingga ketika bakteri ini mulai masuk ke tubuh biasanya akan mengakibatkan rasa lemas yang luar biasa. Gejala ini merupakan yang paling sering ditemui bagi para penderita tipus.

DEMAM
Gejala kedua setelah lemas yaitu demam di malam hari. Rasa lemas yang luar biasa ketika bakteri penyebab tipus ini mulai menyerang biasanya akan diikuti dengan munculnya demam pada malam hari. Mungkin jika hanya lemas saja, belum bisa diketahui apakah ada penyakit yang menyerang atau hanya karena kegiatan yang terlalu padat.

KERINGAT DINGIN
Gejala tipus yang selanjutnya adalah banyak mengeluarkan keringat meskipun tidak melakukan aktifitas berat seperti olahraga. Keringat yang dikeluarkan pun berupa keringat dingin, yang menandakan bahwa tubuh sedang mengalami masalah dengan masuknya bakteri penyebab tipus tersebut.

NAFSU MAKAN BERKURANG
Nafsu makan berkurang juga bisa menjadi indikasi seseorang mengalami tipus. Orang yang mengalami gejala tipus biasanya akan merasa malas makan karena setiap kali makan akan langsung mual hingga muntah. Bahkan jika yang dimakan hanya sedikit, tetap saja menyebabkan mual dan muntah.

PUSING
Kepala pusing biasanya juga menjadi salah satu tanda bahwa penyakit ini mulai masuk ke dalam tubuh. Sakit kepala alias pusing ini pun jika memang gejala tipus, tidak mudah sembuh seperti sakit kepala pada umumnya. Sakit kepala alias pusing ini akan selalu datang lagi dan lagi sehingga membuat siapapun merasa lemas.

PEGAL
Ketika tubuh sudah mulai merasa lemas luar biasa biasanya gejala tipus selanjutnya adalah tubuh merasa pegal-pegal, terutama di beberapa bagian. Penanganan yang segera dan cepat biasanya bisa menyembuhkan pegal-pegal pada penderita gejala tipus ini.

BATUK
Tidak semua orang yang mengalami tipus akan diawali dengan batuk, tetapi beberapa penderita tipus juga ada yang menderita batuk disertai pilek. Tentu jika kemudian benar-benar tipus, maka penderita akan bertambah penderitaannya karena harus minum berbagai jenis obat untuk menyembuhkan tipusnya dan flu-nya tersebut.

Beberapa gejala tersebut memang merupakan gejala umum berbagai penyakit, termasuk tipus. Sehingga cara yang paling ampuh untuk mengetahui apakah terserang tipus atau tidak, adalah dengan pergi ke dokter dan melakukan tes laboratorium untuk mengetahui hasil yang lebih akurat. Selain itu pencegahan dengan gaya hidup bersih dan sehat sangat perlu diterapkan di kehidupan sehari-hari.

No comments:

Post a Comment