Tuesday, May 28, 2019

Panda Raksasa Albino Pertama di Dunia Tertangkap Kamera di Pedalaman China

Siapa tak kenal hewan lucu bernama Panda? Hewan ini seringkali dijadikan sebagai figur utama dalam membuat boneka karena warnanya yang menggemaskan. Sementara di alam liar, habitat asli panda ada di hutan-hutan China bagian selatan dengan memakan bambu sebagai makanan utama mereka. 


Dengan warna hitam putih sebagai ciri khas-nya, rasanya tak ada panda yang memiliki warna selain kombinasi warna hitam putih. Tetapi hal itu pengecualian bagi panda yang satu ini. Baru-baru ini seekor panda langka berwarna putih alias panda albino terekam kamera pengawas di pedalaman hutan Cagar Alam Wolong, yang berlokasi di Sichuan, China.

Panda langka albino yang keseluruhan berwarna putih tersebut diperkirakan berusia dua tahun, dan merupakan panda albino pertama yang dilaporkan terekam kamera pengawas. Panda albino yang belum diketahui jenis kelaminnya tersebut tertangkap kamera pengawas sedang berjalan menyusuri hutan dengan langkah yang tegap. 

Li Sheng, ahli mamalia dari Universitas Peking menyebutkan bahwa panda tersebut dilihat dari langkahnya yang tegap, tidak mengalami permasalahan kesehatan yang berarti. Kondisi albinisme seringkali mempengaruhi kesehatan karena lebih rentan terhadap cahaya matahari dan biasanya memiliki gangguan penglihatan.

Populasi panda, dari data IUCN, di alam liar masih terdapat sekitar 1.900 ekor, dengan 500-1.000 ekor masuk usia dewasa. Perburuan manusia dan berkurangnya habitat asli panda di alam liar menyebabkan populasi panda berada dalam kondisi yang rentan punah. Tetapi munculnya panda albino tersebut seolah memberikan harapan bahwa di alam liar panda masih bisa bertahan.

1 comment:

  1. JADIKAN AGEN KAMI MENJADI FAVORIT ANDA ,
    AYOO BERGABUNG BERSAMA RIBUAN MEMBER KAMI YANG LAINNYA
    HANYA DI HTTP :// WWW.ARENA-DOMINO.COM
    BONUS ROLLINGAN TERBESAR 0,3 % SETIAP MINGGUNYA .

    ReplyDelete