Wednesday, May 8, 2019

Tes Mata Online Viral, Ini Penjelasan Dokter

Sekali lagi sebuah postingan yang beredar di dunia maya menjadi viral. Kali ini bukan tentang hewan, peristiwa, atau kejadian menarik yang terjadi di masyarakat tetapi semacam tes, yang berupa gambar titik-titik dengan angka tersembunyi di tengah-tengahnya. Gambar tersebut disebut-sebut bisa digunakan sebagai tes mata yang menunjukkan kelainan mata yang diderita oleh orang yang melihat.


Dalam postingan yang viral tersebut terdapat juga ketarangan kelainan yang diderita oleh orang yang melihat, berdasarkan angka yang terlihat dari masing-masing orang. Nah, tentu hal tersebut membuat banyak orang yang melihat langsung menyimpulkan bahwa mereka memiliki kelainan mata atau tidak dengan melihat berapa angka yang ada di dalam titik-titik tersebut.

Menanggapi postingan viral tersebut, dr. Widyandana, staff di Neuro-Oftalmologi RSUP Dr Sardjito, dan juga dosen di Fakultas Kedokteran UGM merasa gatal untuk memberikan keterangan lebih lanjut agar masyarakat lebih tahu seperti apa yang sebenarnya. Secara singkat, dokter yang biasa dipanggil Dokter Doni menanggapi foto tes mata yang viral tersebut, di sebuah artikel yang diunggah di kompas.com

Tanggapan Dokter Doni terkait foto tes mata viral tersebut memang cukup singkat dan cukup mengejutkan. Secara singkat, Dokter Doni menjawab bahwa tes mata semacam itu adalah hoax. Lebih lanjut, dokter tersebut menjelaskan bahwa dirinya belum pernah melihat tes mata semacam itu karena tes mata biasanya menggunakan huruf Snellen atau alat autoref untuk bisa mengetahui sehat atau tidaknya mata seseorang.

Selain itu, Dokter Doni juga menganjurkan untuk melakukan tes mata di rumah sakit karena langsung ditangani oleh orang yang benar-benar mengetahui di bidangnya. 

Terlepas dari benar atau tidaknya, masih belum diketahui siapa yang pertama kali mengunggah foto tersebut dan menyebarkannya melalui broadcast aplikasi pengirim pesan sehingga langsung menyebar secara masif dan menjadi viral. 

No comments:

Post a Comment